Adiana Putra

Rabu, 16 Februari 2011

Mereka Selalu Jujur

Beberapa waktu yang lalu penulis sempat ngobrol dengan seseorang, awalnya hanya mencoba saling kenal kemudian menjurus ke masalah yang bersifat pribadi. Dia menceritakan salah seorang saudaranya sedang mengalami gangguan kesehatan kalau tidak salah sudah hampir setahunsedih, sudah berobat ke beberapa rumah sakit juga konsul ke banyak dokter bahkan profesor, mantri dan beberapa tenaga kesehatan namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dia curhat mengenai masalah yang menimpa saudaranya tidak kunjung teratasi, saat konsul ke tenaga medis selalu didiagnosa menderita penyakit sebut saja penyakit A begitu juga ketika berobat ke rumah sakit. Dia merasa ada yang janggal, sudah mengikuti prose pengobatan penyakit A tersebut kenapa tidak ada perubahan?bingung Tapi semua bilang dari hasil pemeriksaan lab dan sebagainya itu adalah penyakit A.

Anggota keluarga pun mulai bertanya - tanya "ap mungkin mereka berbohong?" yang mereka tahu tenaga medis sering menyembunyikan kondisi pasien yang sebenarnya jadi mereka menarik kesimpulan ada yang disembunyikan. Ketika dia mengatakan penilaian seperti itu terhadap tenaga medis penulis coba meluruskan walaupun tidak banyak membantu dalam mengatasi masalah saudaranya.

Sebagian besar orang sering berasumsi tenaga medis acap kali menyembunyikan kondisi pasien yang sebenarnya agar si pasien tidak stres. Asumsi seperti itu tidaklah tepat, seorang pasien memiliki hak untuk mendapatkan informasi tentang keadaannya dan kewajiban bagi petugas medis untuk mengimformasikan, tidak ada yang disembunyikan. Yang memang harus disembunyikan adalah privasi pasien tidak boleh bocor ke area umum kecuali seijin si pasien dan diminta oleh hukum yang berlaku.

Dalam keadaan mendapat cobaan "sakit" kesabaran memang sedang diuji, terkadang membutuhkan proses pengobatan yang lama. Entah sejak kapan pendangan seperti itu disematkan kepada petugas kesehatan, semoga semakin banyak masyarakat yang memahami bahwa tidak ada yang disembunyikan kecuali privasi dan sebagai pasien mereka berhak mengetahui segala informasi tentang kondisinya.senang


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda