Adiana Putra

Senin, 17 Januari 2011

Berbagi Itu Investasi Akhirat

Uang.....!ngiler Siapa yang tidak butuh uang? Orang-orang bangun pagi mandi gosok gigi itu "hanya" untuk uang, tapi terkadang uang dijadikan normor dua oleh beberapa orang yang mendapatkan kepuasan dan rasa bangga pada sesuatu ataupun kegiatan yang bisa membuat mereka merasa bahagia. Mungkin kita juga pernah berada pada posisi seperti itu, sejenak kita mengacuhkan sederet angka yang biasanya membuat kita menyunggingkan bibir.

Setiap orang tentu saja memiliki kegiatan tersendiri yang bisa membuat dia puas dan merasa lebih baik ketika melakukannya [tanpa uang] penulis sangat terkesan dengan sosok seperti ini, memberi Rp1000 kepada seorang pengemis atau sekedar menolong orang tanpa imbalan mungkin itu sudah biasa bagaimana dengan seseorang yang berpotensi menjadi orang terkaya di dunia namun tidak dia hiraukan demi sesuatu yang membuat dia merasa bangga dan puas?

Salah dua dari orang-orang tersebut adalah Jimmy Wales dan Larry Sanger, terdengar asing ditelinga Andasaya tidak tahu? Mungkin sebuah ciptaan dari dua orang tadi sangat Anda kenal Wikipedia. Penulis menilai Wikipedia adalah sebuah pemikiran yang luar biasa sebuah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas terbuka dan sebuah organisasi nirlaba ya..... nirlaba! Bayangkan Wikipedia selalu masuk 10 besar situs yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia, bisa dibayangkan jika si pencipta memutuskan dari awal untuk memasang beberapa iklan di situsnya berapa juta dolar yang sudah dihasilkanterkejut? Tapi mereka tidak melakukannya.

Si pendiri mengatakan "Saya tidak dibayar sesen pun untuk kerja saya di Wikipedia, demikian juga dengan ribuan sukarelawan penulis dan penyunting Wikipedia. Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini – di Wikipedia." Anda bisa melihatnya disini.

Mereka seolah menginspirasi kita agar melakukan sesuatu tidak terpaku materi, berbagi dan membantu merupakan kegiatan yang bisa menciptakan kepuasan dan rasa bangga tersendiri. Penulis berharap seatu saat dapat melakukan hal yang sama seperti merekasenang.


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda