Adiana Putra

Sabtu, 15 Januari 2011

Mempercepat Blog

Penulis sangat menyukai aktifitas browsing di internet sambil membuang suntuk hitung-hitung juga buat nambah ilmu kutu buku kebanyakan sih yang dikunjungi blog atau meluncur ke Wikipedia. Setiap blog memiliki ciri khas berbeda ada yang artikelnya singkat ada juga interfacenya yang menarik kadang ada juga blog yang banyak widgetnya sebenarnya sih bagus untuk memanjakan pengunjung namun juga menyiksa.sedih

Pemilik blog yang terlalu banyak embel-embel terkadang tidak menyadari bahwa itu membuat blog semakin berat untuk diload, itu bisa membuat pengunjung menunggu lama menunggu terlalu lama menunggu pengunjung bisa kabur. Belajar dari kejadian ini penulis coba mengukur kecepatan dan berat dari blog Jari Jempol di iwebtool.


Hasilnya cukup memuaskan berat script cuma 63.93 KB sudah sesuai dengan rekomendasi yaitu dibawah 100KB namun saat blog diload terasa berat ada apa gerangan bingung, widget pun tidak banyak hanya icon twitter, Buku tamu, box chat di halaman chatting & radio streaming dimana radio akan diputar setelah page selesai diload jadi tidak masalah.

Penulis baru menemukan masalahnya setelah memperhatikan background, saat dibuat image yang dipake berukuran 256 KB terkejut ini yang membuat blog menjadi berat, akhirnya image backgraound diganti dengan penyusutan size menjadi 44,5 KB dan hasilnya blog Jari Jempol sekarang 5 kali lebih cepat hebat.

Jika Anda seorang pengelola blog perhatikan hal "sepele" seperti ini sebaiknya kurangi juga asesoris lainnya seperti gambar, flash & video pengunjung dijamin tidak suka jika dibuat menunggu terlalu lama untuk melihat apa yang kita bagikan diblog. UPDATE


Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda