Adiana Putra

Sabtu, 12 Februari 2011

Mengenal Vitamin

Sekarang banyak sekali diproduksi minuman mineral dengan berbagai rasa dan kandungan ion yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk vitamin nah.... yang terakhir ini sudah sangat akrab ditelinga kita namun seberapa jauh Anda mengenal vitamin? Bagi yang sudah paham ya ok lah... namun bagi yang belum begitu kenal mari "berkenalan" dulu masak cuma koar koar minum vitamin tapi tidak kenal.hi..hi..hi

Vitamin adalah zat-zat organik kompleks yang dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Oleh sebab itu, harus didatangkan dari makanan. Vitamin termasuk kelompok zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kehidupan, tiap vitamin memiliki tugas spesifik di dalam tubuh. Karena vitamin adalah zat organik maka dia bisa rusak karena penyimpanan dan pengolahan.

Sejarah

Istilah vitamin pertama kali digunakan pada tahun 1912 oleh Cashimir Funk di Polandia. Dalam upaya menemukan zat didalam dedak beras yang mampu menyembuhkan penyakit beri-beri, ia menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh suatu zat di dalam makanan sehari-hari. Zat ini dibutuhkan untuk hidup "Vita" dan mengandung unsur nitrogen "amine", oleh sebab itu diberi nama "Vitamine"terkejut. Penelitian selanjutnya membuktikan bahwa ada beberapa jenis vitamine yang ternyata tidak merupakan amine. Oleh sebab itu, istilah Vitamine kemudian diubah menjadi "Vitamin".

Nomenklatur

Sebelum mengetahui susunan kimianya vitamin iberi nama menurut abjad (A, B, C, D, E, dan K). Vitamin B ternyata tersusun dari beberapa unsur vitamin, penelitian-penelitian kemudian membedakan vitamin dalah 2 kelompok:
1. Vitamin larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K)
2. Vitamin larut dalam air (vitamin B dan C)

Karakteristik umum yang membedakan kedua vitamin di atas adalah:

Fungsi Vitamin

Vitamin berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan & pemeliharaan tubuh, pada umumnya sebagai koenzim atau bagian dari enzim. Beberapa vitamin belum diketahui degan pasti apa fungsinya.

Sumber:
Prinsip Dasar Ilmu Gizi
Sunita Almatsier


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda